Mengenal Zero-Bundle-Size React Server Component

Mengenal Zero-Bundle-Size React Server Component

WASD Labs

01 February 2021

Pada tanggal 21 desember 2020, tim react memperkenalkan fitur baru dari react yaitu react server component. Fitur ini memungkinkan programmer membuat komponen dari backend dan dirender di sisi server mirip dengan framework yang sudah ada seperti nextjs atau gatsbyjs namun react server component sedikit lebih dinamis dimana programmer bisa ngefetch component di server selama aplikasi dieksekusi.

Dunia javascript penuh dengan library yang sizenya cukup besar, misalnya libary momentjs yang fungsinya dipakai cuma sedikit namun sizenya berkilo-kilo bytes dan tentu saja tidak baik bagi performa aplikasi dan pengguna.

Sebagai contoh tim react menampilkan kode mengimpor libary untuk merender markdown yang ukurannya sangat besar. dan tentu saja tidak efisien mengirim kode yang sebanyak itu kepada frontend, nah solusinya menggunakan server component.

Pada gambar diatas menampilkan kode yang sama namun bedanya kode diatas dieksekusi di sisi server sehingga frontend menerima kode yang frotend butuhkan. Singkatnya server tidak mempengaruhi ukuran paket di frontend karena kode hanya berjalan di sisi server dan pastinya tidak terlihat oleh pengguna. sebagai contoh kita bisa mengakses fs atau file sistem lewat reactjs.

tidak hanya itu reactjs dapat mengakses database dan layanan lainnya.

Terimakasih

projectproductteamblog